Rabu, 23 September 2015

Waspadai Virus MERS dengan cara mengenali dan cara pencegahan

Blog JM - Sebagai virus baru,virus MERS sudah masuk dalam daftar virus yang sangat diwaspadai oleh badan kesehatan dunia WHO sebab virus ini sama mematikannya dengan SARS .Virus ini diduga kuat berasal dari UNTA,seperti yang kita ketahui timur tengah dan asialah asal binatang ini. Penyebarannya dimulai dari terjangkitnya para ilmuan yang tengah meneliti virus ini berpindah tempat.
Untuk itu,Blog JM hadir untuk berbagi bagaimana cara menghindari dan mengenali virus MERS - CoV tersebut yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber (Liputan6.com $ Detik.com)

Apa yang Harus Dilakukan agar Tak Tertular? Berikut hal-hal yang harus diperhatikan masyarakat agar tidak tertular MERS baik di Arab Saudi atau pun di negara yang terkena dampak, seperti yang dipesankan oleh kementerian kesehatan:

1. Selalu menjaga kesehatan dengan melaksanakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan makanan bergizi seimbang, cukup istirahat, tidak merokok, dan sebagainya.

2. Rajin mencuci tangan dengan sabun (Cuci Tangan Pakai Sabun/CTPS) dengan air mengalir atau cairan antiseptik.

3. Bila tidak memungkinkan menghindari kerumunan orang, disarankan untuk menggunakan masker.

4. Hindari kontak erat dengan orang yang mengalami gejala sakit pernapasan.

5. Apabila memiliki penyakit kronik (penyakit jantung/paru kronik, gangguan ginjal, dan lainnya) disarankan untuk menunda perjalanan ke negara-negara di kawasan Timur Tengah atau Korea Selatan. Disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan ke dokter serta teratur mengonsumsi obat bagi yang menderita penyakit kronik.

6. Menutup hidung dan mulut dengan masker, tisu, sapu tangan, atau lengan baju bila batuk dan bersin. Buang tisu yang telah terpakai di tempat sampah tertutup.

7. Bila berada di Timur Tengah, hindari kontak dengan unta atau pun mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak dimasak dengan benar.

8. Bila berada di Korea Selatan, hindari mengunjungi rumah sakit yang merawat pasien MERS CoV.

9. Apabila berada di negara-negara Timur Tengah atau Korea Selatan terdapat keluhan batuk, demam, sesak napas, segera konsultasi kepada petugas kesehatan.

10. Bila dalam kurun waktu 14 hari sampai di tanah air mengalami keluhan batuk, demam, sesak napas yang cepat memburuk dalam 1-2 hari, segera konsultasikan kepada petugas kesehatan dan beritahukan bahwa Anda baru kembali dari negara-negara di Timur Tengah atau pun Korea Selatan.

Dan menurut dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP,ciri orang yang terkena virus mers sebagai berikut :

1. Demam hingga mencapai 38 derajat celcius

2. Sakit dada

3. Napas pendek

4. Lemah

5. Batuk dan bersin

6. Diare (tidak ditemukan di semua kasus)

7. Gagal ginjal

8. Pneumonia

0 komentar :

Posting Komentar

Gunakanlah bahasa yang sopan


NO SARA
JANGAN SAMPAI KOMENTAR ANDA MENGANDUNG SPAM

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com