Jumat, 10 Agustus 2012

Silsilah Siopat Pusoran

BLOG JM-Hai teman-teman,lama sudah tidak menuliskan Artikel-artikel yang mungkin dapat membantu anda.Untuk kesempatan yang berbahagia ini saya akan menuliskan artikel tentang SILSILAH SIOPAT PISORAN,ATAU TAROMBO SIOPAT PUSORAN.Dan sebelum saya meneruskan artikel atau tulisan SILSILAH SIOPAT PUSORAN,ATAU TAROMBO SIOPAT PISORAN,saya mohon izin dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan saya kali ini dan saya juga berharap komentar-komentar yang mengoreksi dan membangun.

SIOPAT PUSORAN terdiri dari dua kata,SIOPAT dan PUSORAN.Dari namanya sudah jelas SIOPAT PUSORAN memiliki makna 4 pusaran,sebab SIOPAT dalam bahasa Indonesia berarti Si Empat dan PUSORAN berarti lingkaran.Dan berikut saya akan menampilkan silsilah terjadinya SIOPAT PUSORAN yang terdiri dari empat marga.
Namun karena ada yang masih bingung tentang nama PISORAN atau PUSORAN,yang sebenarnya itu PUSORAN namun sekaran banyak yang mengatakan PISORAN
Molo adong na hurang,mangido maaf ma au,dang na naeng mangajari au alai holan na naeng patikkos on do Lae/Ito.


Melihat gambar diatas,siopat pisoran adalah 4 marga dari keturunan Guru Mangaloksa.Guru Mangaloksa sendiri adalah anak kedua dari 5 bersaudara keturunan Toga Hasibuan.
  1. Raja Manjalo
  2. Guru Mangaloksa
  3. Guru Hinobaan
  4. Raja Manjalang
  5. Raja Maniti
Guru Mangaloksa memiliki 4 orang anak,dan keturunan Guru Mangaloksa inilah yang di sebut "SIOPAT PISORAN".
  1. Si Raja Hutabarat
  2. Si Raja Panggabean
  3. Si Raja Hutagalung
  4. Si Raja Hutatoruan
Sebelumnya saya juga ingin mengatakan bahwa selama ini banyak yang mengatakan bahwa
"SIOPAT PISORAN itu adalah HUTABARAT,PANGGABEAN,HUTAGALUNG,HUTAPEA,TOBING",Namun itu salah.
Yang benar adalah Si Raja Hutabarat,Si Raja Panggabean,Si Raja Hutagalung,Si Raja Hutatoruan itulah SIOPAT PISORAN.
Jadi,mari kita perbaiki pemahaman kita selama ini yang salah.

Si Raja Hutabarat memiliki anak yang nanti akan menjadi pembagian marga di hutabarat seperti Sosunggulon.Begitu pula dengan Si Raja Panggabean yang kalau tidak salah memiliki anak simorangkir dst.
Si Raja Huta Toruan memiliki 2 anak yaitu Hutapea dan Lumban Tobing.

Bagi Teman-Teman Yang Memiliki Referensi Untuk Marga-Marga Di Atas,Silahkan Tuliskan Pada Kotak Komentar

Re Update : 20 Maret 2013,sebab masih ada kesalahan pada penulisan sebelumnya.
Re Update : 28 Mei 2014,Sebab masih ada kekurangan 

18 komentar :

  1. Kan sekarang udah bnyak siopat pisoran marsibuatan .gmna menrut admin sendri tentang itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebuah pertanyaan yang menarik untuk admin tanggapi.
      Admin sendiru lahir dikeluarga 100% siopat pusoran.
      Ayah marga tobing ibu boru hutabarat.
      Untuk masalag marsibuetan sudah banyak hal yang seperti ini terjadi dan itu sah-sah saja.
      Namun ada catatan seluruh marga siopat pusoran dilarang menikahi HASIBUAN.

      Hapus
  2. Kenapa tidak boleh menikahi hasibuan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena hasibuan INDUK dari marga siopat pisoran.

      Hapus
  3. Jadi siopat pisoran itu adalah cucu hasibuan kbetulan saya hasibuan
    Bagaimana panggilan si opat pisoran kpda hasibuan. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua pomparan siopat pisoran manggil oppung ke marga hasibuan.

      Hapus
    2. Panggilan opung ke marga HASIBUAN hanyalah sebagai penghormatan.
      Jadi MARGA Hasibuan disebut juga Opung SALUHUT.

      Hapus
    3. Tidak semua marga siopat pisoran memanggil ompung sama Hasinuan, karena Hasibuan keturunan Guru Hinobaan, Raja Manjalang dan Raja Maniti adalah adik dari Guru Mangaloksa. Jadi Siopat pisoran memanggil Bapak Uda Kepada Hasibuan keturunan Guru Hinobaan,Raja Manjalang dan Raja Maniti. Selanjutnya Guru Manjalo Abang dari Guru Mangaloksa jadi Siopat Pisoran memanggil Bapak Tua kepada Hasibuan keturunan Guru Manjalo. Hubungan kekeluargaan Raja Hasibuan dan Siopat Pisoran Harus dilihat dari urutan nomor generasi misalnya, urutan generasi keberapa dia dari Siopat Pisoran kemudian ditambah satu nomor ke atas yaitu nomor Siopat pisoran ditambah satu yaitu Guru Mangaloksa. Misalnya marga Hutabarat nomor 12 (generasi ke 12) dari turunan si Raja Nabarat ditambah satu maka dia termasuk generasi ke 13 dari keturunan Guru Mangaloksa. Jadi kalau Hasibuan turunan Guru Manjalo dengan generasi ke 13 maka Hutabarat tersebut memanggil Abang kepada Hasibuan tersbut dan bukan panggil ompung. Jika Hasibuan generasi ke 13 dan hutabarat generasi ke 14 menurut keturunan Guru Mangaloksa maka Hutabarat memanggil Bapak Tua kepada Hasibuan turunan Guru Manjalo. Sedang untuk Guru Hinobaan, Raja Manjalang dan Raja Maniti dengan nomor generasi ke-13 dan Hutabarat Generasi ke-13 menurut garis keturunan Guru Mangaloksa juga, maka Hutabarat Memanggil Adik Kepada ketiga turunan Hasibuan tersebut. Demikian selanjutnya panggilan hubungan kekeluargaan untuk Guru Manjalo, Guru Mangaloksa, Guru Hinobaan, Raja Manjalang dan Raja Maniti disesuaikan dengan nomor urutan generasi setiap orang di dalam marga tersebut menurut garis keturunan Ompungnya Masing-masing.

      Hapus
    4. Semuanya Keturunan Raja Hasibuan adalah (Raja Manjalo
      Guru Mangaloksa, Guru Hinobaan. Raja Manjalang dan Raja Maniti) dan umumnya yang menggunakan Marga Hasibuan adalah keturunan Raja Manjalo, Guru Hinobaan, Raja Manjalang dan Raja Maniti, sedangkan Keturunan Guru Mangaloksa Hasibuan sudah menggunakan marga Siopat Pisoran Hutabarat, Panggabean, Hutagalung dan Hutatoruan). Jadi Siopat Pisoran juga termasuk keturunan Hasibuan cuma mereka tidak menggunakannya lagi, kecuali marga lumban Tobing banyak menggunakan marga Hasibuan dan bahkan ada dari mereka yang bersikeras tidak bermarga lumban Tobing sehingga terjadi pecah kongsi diantara keturunannya. Jadi dari garis keturunan Raja Hasibuan kelima keturunannya tersebut berhak menggunakan marga Hasibuan, tetapi karena keturunan Guru Mangaloksa cepat berkembang dan berketurunan banyak sehingga mereka menggunakan marga masing-masing sesuai dengan nama leluhurnya Hutabarat, Panggabean, Hutagalung dan Hutatoruan (anaknya Hutapea dan lumban Tobing). dan pada umumnya keturunan Guru Mangaloksa cepat berkembang dibanding dengan keturunan Guru Manjalo, Guru Hinobaan, Raja Manjalang dan Raja Maniti sehingga kebanyakan mereka ketinggalan nomor induk generasi, sehingga kalau ditinjau dari garis keturunan generasi Guru Manjalo, Guru Hinobaan, Raja Manjalang dan raja Maniti Hasibuan banyak dari mereka yang ketinggalan nomor generasi artinya kalau ditelusuri dari generasi mulai dari Guru Manjalo, Guru Hinobaan, Raja Manjalang dan Raja Maniti sampai kepada Generasi Hasibuan sekarang kebanyakan mereka masih mencapai nomor keturunan 14 dan 15, sedangkan garis keturunan Siopat Pisoran sudah banyak yang mencapai nomor garis generasi 16 sampai 21, sehingga bila dilihat dari nomor ini kebanyakan siopat pisoran akan memanggil ompung kepada pomparan Hasibuan diatas. jadi bukan sebagai hubungan kekeluargaan karena penghormatan, tetapi berdasarkan garis generasi keturunan.

      Hapus
  4. benarkah ada no2.panggabean bang.

    BalasHapus
  5. Horas ma dihita saluhutna pomparan Guru Mangaloksa.

    BalasHapus
  6. Yang saya bingungkan apakah Marga simorangkir sama dengan Marga Panggabean

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, karena simorangkir dan panggabean mardongan tubu.
      Si Raja Panggabean Punya 3 Anak, Panggabean, Simorangkir, Lumbansiagian

      Hapus
  7. horas,,, saya boru pangaribuan suami marga hutagalung... saya mau bertanya,, urutan opat pisoran yg benar yg mn ya.. suami saya kurang tau..jujur saya bingung.. ada yg bilang hutabarat,hutagalung,panggabean dan tobing, ada yg bilang hutagalung siapuddan.. terimakasih informasinya admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutabarat, Panggabean, Hutagalung, Hutatoruan

      Hapus

Gunakanlah bahasa yang sopan


NO SARA
JANGAN SAMPAI KOMENTAR ANDA MENGANDUNG SPAM

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com